Tips Memilih Genteng Rumah
Konstruksi

Tips Memilih Genteng Rumah Berkualitas Anti Bocor

Genteng menjadi salah satu item penting untuk rumah, pilihlah genteng yang berkualitas anti terhadap kebocoran agar Anda tidak mengeluarkan dua kali lipat uang. Kenyamanan juga akan lebih terasa Anda tidak perlu khawatir saat hujan datang. Untuk mendapatkan yang berkualitas pastikan membeli di tempat yang dapat dipercaya, selain itu sesuaikan juga dengan budget yang Anda punya. Agar tidak salah dalam memilih genting, ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan di bawah ini.

5 Tips Memilih Genteng Rumah Anti Bocor

1. Sesuaikan dengan budget

Hal pertama yang harus dipertimbangkan ialah memilih sesuai dengan budget yang sudah disediakan. Coba cek harga genting terbaru yang ada di pasaran, pertimbangkan harga genting. Jika budget yang disediakan terbatas Anda bisa memilih genting asbes, tanah dan seng. Bila Anda memiliki budget yang besar maka pilih genteng aspal, beton dan keramik.

2. Kondisi masih bagus, mulus dan tidak ada retakan

Sebaiknya lakukan survey ke beberapa toko terlebih dahulu, lihat secara langsung kondisi genteng yang akan dibeli. Sebaiknya pilih yang masih mulus, tidak ada kebocoran ataupun cacat lainnya. Jika Anda mengabaikan walaupun cacat sedikit, nantinya akan berdapak pada kebocoran. Ikuti dengan melihat sendiri proses pemilihan hingga proses pengiriman sampai di rumah, hal ini bertujuan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti ditukarnya genting yang sudah dipilih.

3. Cek dengan cara mengetuk

Saat membeli langsung Anda bisa mengecek dengan cara mengetuk terlebih dahulu, hal ini bertujuan untuk mengetahui ketebalan dan kekuatan dari genteng. Bila bunyi keras maka kualitas kurang bagus, sebaliknya berkualitas bagus jika saat diketuk akan mengeluarkan bunyi yang tidak terlalu keras.

4. Ukurannya sama

Pilih yang memiliki ukuran sama, jika ukurannya bervariasi hal ini menimbulkan masalah saat dilakukan pemasangan. JIka Anda memilih ukuran yang tidak sama, maka berpeluang besar ada yang tidak terpakai.  Untuk mencegah pemborosan maka pilih yang memiliki ukuran yang sama.

5. Cek dengan menyiram secara acar

Untuk mengetahui seberapa bagus kualitasnya maka Anda harus mengecek secara nyata atau tindakan, yaitu gunakan air. Siramlah air secara acak pada permukaannya, lihat apakah ada perembesan atau tidak. Selain tips di atas Anda juga harus memperhatikan nilai estetik pada genteng, pilih juga dengan menyesuaikan rumah dengan konsep yang sudah ditentukan. Rumah modern lebih baik menggunakan genteng dari beton sedangkan rumah klasik tradisional dari kayu atau dari tanah.

Jenis-jenis Genteng di Pasaran

Ada banyak pilihan jenis genteng yang bisa dipilih, yang pertama ada jenis asbes, harga atap asbes ini lebih murah, mudah dalam pemasangan dan tidak membutuhkan banyak reng. Namun, ternyata penggunaan jenis ini kurang bagus untuk kesehatan, serat asbes bisa terhirup oleh manusia. Jenis yang kedua ada kaca, jenis ini sering digunakan untuk area tertentu saja. Kelebihannya ialah membuka cahaya alami dan tampilan terkesan mewah. Namun, jenis ini mudah pecah dan modelnya tidak variatif.

Jenis lainnya adalah genteng dari tanah liat, jenis ini sangat populer. Harganya lebih terjangkau, memiliki bobot ringan, dan cukup kuat saat diinjak. Hanya saja saat dipasang cukup sulit dan rentan lumut. Ada juga genteng beton, memiliki model atau cetakan yang sama dengan jenis dari tanah liat. Hanya saja bobotnya berat dan cukup mahal. Dan masih ada beberapa jenis lainnya lagi yang cukup populer di pasaran, seperti dari seng, metal pasir, kayu, aspal dan lain sebagainya.

Untuk membuat rumah impian Anda indah dan nyaman, pilihlah genteng dengan menyesuaikan budget dan konsep rumah. Lakukan tips-tips di atas untuk mendapatkan genteng dengan kualitas yang bagus dan anti kebocoran.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *