Perhatikan Hal Ini Saat Memilih Roller Blind
Dekorasi

Pilih Roller Blind? Perhatikan Hal Penting Ini!

Roller blind atau tirai gulung sudah digunakan oleh banyak orang untuk melengkapi dekorasi ruangan, baik di rumah maupun kantor. Sebenarnya, fungsi utama tirai gulung adalah sebagai penutup jendela dan pengatur pencahayaan yang datang dari luar. Tapi, fungsi tirai gulung ternyata berkembang hingga menjadi salah satu unsur dekorasi untuk mempercantik ruangan. Jadi tidak mengherankan kalau tirai gulung banyak dicari oleh berbagai kalangan. Nah, bila kamu termasuk salah satu dari mereka yang sedang mencari tirai gulung terbaik, perhatikan beberapa hal penting berikut sebagai pertimbangan agar tidak salah dalam memilih.

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Tirai Gulung

Perhatikan Hal Ini Saat Memilih Roller Blind

Memilih ornamen sebagai penunjang dekorasi ruangan membutuhkan cara khusus, termasuk dalam hal memilih roller blind yang terbaik. Kamu sangat tidak disarankan untuk memilih tirai gulung hanya berdasarkan pandangan pertama. Ada beberapa hal yang harus dijadikan bahan pertimbangan saat sedang mencari dan memilih tirai gulung. Inilah 5 hal penting yang harus kamu perhatikan agar tidak salah memilih tirai gulung.

1. Ukuran

Semua jenis tirai wajib disesuaikan ukurannya dengan ukuran jendela di ruangan. Maka dari itu, sebelum mulai mencari tirai gulung, pastikan kamu telah mengetahui berapa ukuran jendela. Baru kemudian kamu bisa mencari tirai gulung dengan ukuran yang pas. Kalau ukurannya salah sedikit saja, itu bisa berakibat fatal. Tirai jadi tidak bisa digunakan. Kalaupun terpaksa dipasang, jadinya malah memperburuk pemandangan di dalam ruangan. Jadi, hitung ukuran dari sekarang!

2. Sesuaikan dengan Dekorasi Ruangan

Hal kedua ini sedikit lebih kompleks. Pasalnya, kamu harus mempertimbangkan berbagai sisi. Saat memilih tirai gulung, perhatikan kesesuaiannya dengan unsur dekorasi ruangan yang lain. Misalnya, pilihlah warna tirai yang senada dengan warna dominan pada jendela atau dinding ruangan. Selain itu, sesuaikan juga model tirai yang akan kamu beli. Jika dirasa modelnya kurang pas dengan ruangan, sebaiknya jangan dipilih. Carilah tirai gulung yang memang benar-benar bisa melengkapi keindahan di dalam ruangan.

3. Metode Pengoperasiannya

Ada dua metode pengoperasian tirai gulung, yaitu manual dan mekanis. Manual artinya pengoperasian tirai gulung menggunakan tangan. Untuk membuka atau menutup kamu harus menarik tali yang ada di sisi tirai. Sedangkan metode mekanis menggunakan motor otomatis yang bisa menarik atau menggulung katup tirai. Cukup dengan menekan tombol, maka tirai gulung akan membuka atau menutup sendirinya. Pilih sesuai seleramu dan jangan lupa pertimbangkan harga tirai dengan kedua metode pengoperasian tersebut.

4. Penutupnya

Tirai gulung mempunyai setidaknya dua jenis katup penutup. Pertama adalah katup yang memiliki celah, sehingga saat tirai ditutup, kamu masiih bisa melihat pemandangan di luar dengan mencongkel sebagian katupnya. Dan kedua adalah katup yang tertutup secara sempurna. Dengan menggunakan katup tersebut, kamu tidak bisa melihat pemandangan di luar atau memasukkan cahaya tanpa membuka tirai gulung secara sempurna. Hal ini perlu kamu perhatikan saat memilih tirai gulung. Sebab, lagi-lagi harus disesuikan dengan selera dan kebutuhan di ruangan.

5. Bahan

Beberapa orang lebih senang menggunakan tirai gulung berbahan aluminium. Tapi, tidak sedikit juga yang lebih suka dengan bahan kayu atau vinyl untuk dijadikan tirai gulung. Kamu dapat memilih berbagai bahan tirai gulung yang ada di pasaran. Tenang saja, hampir semua bahan memiliki kualitas yang sudah teruji. Kamu hanya perlu memilih satu di antara sekian bahan tirai gulung yang pas dengan seleramu. Dan ingat, sesuaikan bahan tirai gulung dengan unsur dekorasi lainnya agar tetap senada saat dipasang di ruangan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *