Lantai Parket
Dekorasi

Langkah Mudah Mengganti Lantai Parket, Rumah Segera Kembali Cantik!

Jika Anda adalah pengguna lantai parket, maka pilihan Anda sudah tepat. Lantai parkter terkenal dan populer sebagai lantai yang pemasangannya mudah dan biaya pembelian maupun pemeliharaannya pun cukup murah. Hal ini menjadikan lantai ini semakin digemari oleh banyak orang dan makin sering digunakan. Selain itu juga, lantai parket yang memiliki banyak sekali warna, corak, dan ukuran juga menjadikannya sangat sering digunakan dan dapat disesuaikan dengan ruangan yang Anda mau.

Ternyata, kelebihan lantai parket tidak berhenti di situ saja. Penggantian lantai parket yang rusak pun ternyata cukup mudah!

Sama seperti bagian bangunan yang lainnya, tidak ada yang sempurna dan bertahan seumur hidup. Lantai parket ternyata dapat juga rusak, namun jangan khawatir karena usia lantai parket tergolong lama. Kerusakan pada lantai parket biasanya disebabkan oleh terpapar oleh air yang membuatnya menjadi lembab, tergesek atau tertusuk oleh benda tajam, atau karena kesalah pada saat pertama kali pemasangan. Oleh karena itu, pemasangan lantai parket yang baru harus diperhatikan agar usia lantai parket lebih lama.

Namun, jangan khawatir apabila lantai parket Anda rusak dan harus diganti, karena penggantian lantai parket cukup simple dan relatif cepat! Tidak butuh satu hari untuk pemasangannya, Anda dapat langsung dengan cepat melepas dan menggantinya dengan yang baru.

Langkah Simple Mengganti Parket

Berikut ini adalah langkah-langkah mengganti lantai parket yang mengalami kerusakan.

1. Mencari Pengganti Lantai Parket yang Rusak

Carilah lantai parket pengganti yang lama. Anda dapat memilih untuk menggunakan lantai parket yang sama persis seperti yang dahulu, atau bisa juga dengan memilih yang mirip atau hampir sama. Biasanya tersedia dalam rentang harga yang berbeda, namun semuanya kembali kepada keputusan Anda. Pastikan Anda mengunjungi tempat jual parket. Usahakan untuk mencari tempat yang jual parket murah terpercaya. Karena ini hanya untuk mengganti yang rusak saja, atau hanya satu bagian saja, tidak ada salahnya Anda menyiasati dengan membeli parket pengganti yang lebih murah.

 

Lantai Parket

Pencarian dan pemilihan parket pengganti sebaiknya dilakukan terlebih dahulu sebagai upaya penghematan waktu. Hal ini karena lantai parket yang sudah Anda beli harus didiamkan terlebih dahulu di dalam ruangan selama kurang lebih 24 jam agar lantai parket yang baru dapat beradaptasi dengan temperatur dan kelembaban dari ruangan tersebut.

2. Melepas Lantai Parket yang Rusak

Sambil menunggu lantai parket tersebut sampai ke rumah, Anda dapat melakukan proses melepas lantai parket yang rusak. Dengan begitu, Anda dapat menghemat waktu cukup banyak, bahkan seharian. Proses melepas lantai parket harus dilakukan dengan cukup hati-hati. Hal ini untuk menghindari kerusakan pada lantai parket di sekitarnya yang masih bagus. Pelepasan lantai parket dimulai dengan mengebor sedikit bagian dari lantai parket yang rusak. Setelah itu, cungkil dan ambil lantai parket yang rusak dimulai dari ujungnya. Hati-hati agar lantai parket sekitarnya tidak ikut rusak atau tergores.

 

Melepas Lantai Parket

Proses pelepasan lantai parket dilanjutkan dengan mengerok adhesive atau perekat yang mungkin masih tersisa di bawah lantai. Pengerokan dilakukan agar lantai parket yang baru nantinya dapat dipasangkan di tempat yang sama dengan permukaan yang seperti baru. Hal ini agar pemasangan dapat dilakukan dengan baik dan benar yang akan memengaruhi usia lantai parket itu sendiri. Oleh karena itu, pastikan Anda mengerok sisa-sisa adhesive atau perekat dengan bersih dengan menggunakan alat kerok.

Baca juga: 5 Tips Memilih Karpet Kantor yang Sesuai dengan Dekorasi

3. Pemasangan Lantai Parket Pengganti

 

Pemasangan Lantai Parket

Proses pemasangan dimulai dengan pengaplikasian adhesive atau perekat pada bagian yang akan dipasangi lantai parket, tunggu hingga mengeras dan lengket dan barulah lantai parket dapat dipasang. Pasang lantai parket dimulai dengan menggabungkan mulut pengunci dengan lantai parket disebelahnya. Baru setelah itu, pukul halus dengan palu yang dilapisi kain, agar semua bagian dari lantai parket terpasang dengan sempurna dan sejajar. Lakukan finishing dengan bahan yang sama pada seluruh ruangan agar semuanya terlihat senada dan tidak belang.

Konsultasikan dengan toko jual parket tempat Anda membeli lantai parket tersebut untuk mengetahui jenis perekat mana yang paling cocok untuk lantai parket tersebut.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *