Konstruksi

Daftar Harga Paving Block Dari Berbagai Jenisnya

Perbedaan Harga Paving Block Antara Jenis Satu dengan Lainnya

 Paving block merupakan batu cetak yang dibuat dari bahan bangunan seperti pasir dan semen PC dengan kadar tertentu. Pada dasarnya, paving block memiliki berbagai macam desain dan bentuk untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Selain memiliki berbagai desain, harga paving block antara satu jenis dengan jenis yang lain juga berbeda. Seperti, harga paving block K300 tentu saja berbeda dengan harga paving blok K500. Biasanya, produsen hanya memproduksi paving block standar K200 sampai K500.

 

Jenis Paving Block Berdasarkan Kekuatan yang Dimilikinya

Ada berbagai jenis paving di pasaran, berikut beberapa jenis paving berdasarkan penggunaan dan fisiknya, antara lain:

1. Paving dengan mutu A

Jenis paving block yang pertama adalah mutu A. Mutu A biasanya memiliki kekuatan K400, artinya 400 kilogram per centimeter persegi. Paving ini adalah jenis yang sangat kuat bisa dibandingkan dengan jenis lain, serta sering digunakan untuk struktural konstruksi. Biasanya, mutu A sering digunakan untuk jalanan umum yang memang membutuhkan tingkat kekuatan yang tinggi.

 

2. Paving dengan mutu B

Paving mutu B memiliki tingkat kekuatan K200. Mirip dengan mutu di atasnya, jenis ini juga digunakan untuk bagian struktural. Tetapi, karena kekuatan tekanan yang dimilikinya lebih rendah, paving jenis ini sering digunakan untuk lahan parkir saja.

 

3. Paving dengan mutu C

Jenis mutu C memiliki kekuatan K150 atau 150 kilogram per centimeter persegi. Mutu C beda dengan mutu di atasnya karena tidak bisa menahan beban yang sangat berat di atasnya. Paving block jenis ini biasanya digunakan untuk jalan pejalan kaki.

 

4. Paving dengan mutu D

Jenis D adalah paving block dengan mutu paling rendah. seperti mutu C, mutu ini tidak digunakan untuk bagian struktural konstruksi, biasanya mutu D digunakan sebagai lahan taman kota atau halaman rumah yang tidak terlalu membutuhkan beban yang berat.

 

Rata-rata Harga Paving Block di Pasaran

Jika Anda ingin menggunakan paving block untuk kebutuhan rumah Anda, berikut rata-rata harga di pasaran yang dapat Anda jadikan sebagai bahan referensi, antara lain:

  • Paving model bata, memiliki tebal 6, 8 serta 10 cm, model ini memiliki harga Rp 75 ribuan hingga Rp 85 ribuan untuk warna biasa, sedangkan untuk paving berwarna, di banderol dengan harga Rp 90 ribuan hingga Rp 100 ribuan,
  • Paving model cacing, memiliki tebal 6, dan 8 cm, model ini memiliki harga Rp 75 ribuan hingga Rp 85 ribuan untuk warna biasa, sedangkan untuk paving berwarna, di banderol dengan harga Rp 90 ribuan hingga Rp 100 ribuan,
  • Paving model hexagonal, memiliki tebal 6 dan 8 cm, model ini memiliki harga Rp 75 ribuan hingga Rp 85 ribuan untuk warna biasa, sedangkan untuk paving berwarna, di banderol dengan harga Rp 90 ribuan hingga Rp 100 ribuan,
  • Paving model fullpave, memiliki tebal 6 dan 8 cm, model ini memiliki harga Rp 75 ribuan hingga Rp 85 ribuan untuk warna biasa, sedangkan untuk paving berwarna, di banderol dengan harga Rp 90 ribuan hingga Rp 100 ribuan,
  • Paving model fullpave set, memiliki tebal 6 dan 8 cm, model ini memiliki harga Rp 90 ribuan hingga Rp 100 ribuan untuk warna biasa, sedangkan untuk paving berwarna, di banderol dengan harga Rp 105 ribuan hingga Rp 115 ribuan.

 

Setelah melihat harga paving block di atas, mana paving yang akan Anda jadikan sebagai pilihan?

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *