Ciri Khas Rumah dengan Desain Modern
Dekorasi

Rupanya Ini 5 Ciri Khas Rumah dengan Desain Modern

Desain rumah berkembang dari tiap waktu. Apabila kita dulu mengenal desain rumah dengan banyak jendela besar dan ornamen rumit misalnya, sekarang ada desain lain yang hadir menggantikan desain tersebut. Banyak yang menyebutnya sebagai desain rumah modern.

Memang desain rumah saat ini relatif lebih sederhana jika dibandingkan desain rumah terdahulu. Selain sederhana sebenarnya masih ada banyak ciri lain yang hadir dari rumah-rumah modern. Untuk lebih lengkapnya akan dibahas di bawah ini.

Ciri-ciri Rumah Desain Modern

Seiring berjalannya waktu, desain rumah pun semakin berkembang. Tak hanya dari segi material namun juga komponen detail seperti misalkan corak pola yang hadir dalam ruangan. Ciri-ciri tertentu tersebut juga hadir dalam desain rumah modern. Ada beberapa ciri desain rumah modern yang akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

1. Lebih Sederhana

Ciri pertama yang biasanya hadir dari rumah modern adalah kesederhanaan. Ciri ini tidak hanya hadir dari segi desain saja, melainkan juga dari fungsi-fungsi ruangan yang ada. Desain rumah modern akan dibuat seminimalis mungkin.

Komponen-komponen ruangan yang berbelit-belit atau rumit banyak dihilangkan di sini. Bangunan akan terlihat lebih sederhana, baik dari segi bangunan luar maupun ruangan-ruangan yang ada di bangunan tersebut.

Ini berasal dari konsep yang hadir di arsitektur modern. Konsep tersebut menekankan pada kesederhanaan yang tidak hanya hadir sebagai bentuk ‘cerita’ tentang bangunan tersebut tapi juga bentuk kepribadian dari bangunan yang dibuat.

Ciri Khas Rumah dengan Desain Modern

2. Ruangan Terbuka

Selanjutnya adalah ruangan yang lebih terbuka. Pada desain modern, sekat antar ruangan lebih banyak dihilangkan. Hal ini menghadirkan ruangan yang terkesan lebih luas. Selain itu biasanya banyak digunakan material kaca untuk membuat ruangan ‘banjir’ cahaya.

Meski begitu, bukan tidak mungkin untuk menghadirkan sekat antar ruangan guna menambah privasi penggunanya. Sekat-sekat yang dipilih pun dapat digunakan sekat yang memungkinkan cahaya banyak masuk atau sekat yang dapat dibongkar. Seperti halnya sekat kaca, sekat kayu dengan motif tertentu sampai sekat sliding door.

3. Penggunaan Material yang Sesuai Kepribadian

Rumah modern berusaha menampilkan kepribadian pemiliknya di dalam desainnya. Hal ini terlihat salah satunya dari penggunaan material yang ada. Pemilihan material akan disesuaikan dengan ‘kepribadian’ dari rumah tersebut.

Komponen-komponen material tertentu ini juga dihadirkan pada detail ruangan. Misalkan pada material hiasan ruangan, sliding door yang digunakan, sampai dengan material partisi. Semuanya mengikuti ‘kepribadian’ yang ingin dibangun dari rumah tersebut.

4. Fungsi Tiap Komponen yang Jelas

Setiap komponen yang dihadirkan dalam rumah modern ini memiliki fungsi yang jelas. Tidak hanya dari komponen ruangan dan dekorasi yang ada, namun juga hadir dari furniture yang digunakan dalam ruangan tersebut.

Fungsi menjadi komponen utama yang perlu menjadi perhatian di sini. Dekorasi maupun perabotan yang dianggap tidak memiliki fungsi maksimal biasanya akan dieliminasi di sini. Hal ini sekaligus untuk membuat desain menjadi lebih efisien dan sederhana.

5. Kehadiran Pola dan Elemen Tertentu

Ada beberapa pola tertentu yang hadir dalam desain rumah modern. Seperti halnya pola garis-garis maupun pola simetris yang membuat kesan tegas namun sederhana hadir dalam rumah modern. Selain itu elemen material kaca atau metal banyak digunakan di sini.

Hal ini juga diterapkan pada komponen pendukung ruangan. Seperti pada dekorasi, furniture sampai pemilihan pintu dan jendela. Pada pemilihan pintu misalkan, penggunaan sliding door atau jenis pintu lain dengan elemen kaca akan banyak digunakan.

Itulah beberapa ciri khas dari desain arsitektur rumah modern. Mulai dari desain yang lebih sederhana sampai dengan kehadiran pola dan elemen tertentu di komponen-komponen rumah. Mulai dari perabotan, dekorasi sampai dengan pintu seperti sliding door maupun jenis pintu yang lain.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *