Cara Mudah Merawat Membersihkan Lantai Parket
Dekorasi

5 Cara dan Langkah Mudah Merawat dan Membersihkan Lantai Parket

Saat ini banyak sekali orang menggunakan bahan dari parket atau parquet sebagai lantai rumah mereka. Bahan ini dinilai laris manis di pasaran karena memang punya daya tarik yang unik. Selain menjadi estetika sendiri dalam rumah, ia juga bisa menciptakan kehangatan dan memberikan kesan alami.

Umumnya sih, parquet dipakai untuk lantai ruang tamu, tangga, kamar tidur, bahkan tidak terkecuali untuk lantai dapur. Apalagi, kalau rumahmu berkonsep minimalis, klasik, maka sangat cocok sekali memakai lantai ini. Syaratnya sih, harus rajin dibersihkan dan dirawat dengan baik agar lantai berumur panjang. Bagaimana cara merawatnya? Simak dalam ulasan berikut ini ya!

Merawat Lantai Rumah yang Terbuat dari Parket

Rutin Menyapu Lantai

Yang pertama dan paling umum dilakukan adalah menyapu lantai sampai bersih. Metode ini sih bukan hanya dilakukan untuk material parket aja ya, tetapi semua lantai. Tujuannya tentu agar debu dan segala macam kotoran bisa terangkat dengan maksimal. Kalau misalnya masih belum merasa bersih jika menggunakan sapu, maka kamu bisa manfaatkan vacuum cleaner. Nah, sebagai tambahan kalau materialnya adalah kayu keras (kayu solid), maka untuk menjaga ia tetap terlihat bersih, harus ada proses waxing dan semir setiap beberapa bulan sekali.

Bersihkan dengan Lap Kering dan Air Panas

Merawat lantai berbahan parquet ini memang butuh kesabaran ekstra sih. Menyapu saja tentu belum cukup, kalau misalnya ada kotoran yang membandel, maka pastikan untuk membersihkan bagian itu dengan cara mengelapnya dengan kain kering. Kalau lantai hanya sebatas terkena tumpahan air, maka lap kering saja cukup. Namun, kalau ada kotoran yang sangat sulit hilang, maka bisa menggunakan air panas (setelahnya dikeringkan dengan lap kering). Atau, boleh juga dengan campuran air lemon dan belimbing wuluh. Bahan alami di atas fungsinya bukan hanya mengangkat kotoran yang ada, tetapi juga untuk membuat lantai kembali mengkilat.

Jangan Biarkan Lantai dalam keadaan lembab

Cara Mudah Merawat Membersihkan Lantai Parket

Nah, yang menjadi pantangan banget untuk lantai parket ini adalah lembab. Mereka yang rumahnya berbahan material ini hampir tidak pernah ngepel secara rutin –apalagi setiap hari. Karena, lantai yang lembab akan menjadi sarang jamur, sehingga mempercepat peroses pelapukan. Selain itu mengepel di lantai juga akan membuat ia mengeluarkan suara berdecit saat diinjak, karena perbedaan tekanan yang sangat drastis.

Memindahkan Posisi Perabotan Rumah

Nah, salah satu kelemahan parket adalah ia bisa memudar, apalagi kalau tak pernah dilakukan pengecatan ulang, guys. Tapi, jangan khawatir kamu bisa meminimalisir hal ini terjadi dengan cara memindahkan beberapa perabotan yang ada di dalam rumah. Pemindahan letak posisi perabot ini sama aja dengan melakukan steam pada lantai, agar warnanya tetap sama. Tapi, usahakan untuk tidak meninggalkan goresan di lantai, karena itu juga bisa membuat ia tak menarik saat dipandang mata.

Melapisi Lantai dengan Karpet

Karpet yang dimaksud di sini bisa karpet permadani yang lembut ya. Penggunaan karpet ini bisa menjaga kebersihan, dan juga menjaga ruangan tetap hangat. Untuk karpet, pilihlah yang bahan alasnya tidak licin dan tak mudah bergeser. Karpet juga bisa membuat lantai parquet lebih tahan lama.

Intinya sih, selama dirawat dan dibersihkan dengan baik, maka umur lantai rumah akan lebih tahan lama. Membersihkan ini memerlukan trik tertentu, apa yang boleh dipakai dan apa yang tidak. Karena tak semua lantai harus dipel secara berkala, ada yang malah dilarang kan, seperti bahan parket ini? Semoga ulasan ini bisa membantu ya, guys!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *