Tips Memasang Kaca Reflektor
Dekorasi

5 Tips Memasang Kaca Reflektor untuk Desain Interior

Kaca reflektor atau cermin memiliki dua fungsi utama, pertama untuk bercermin pada sebuah meja rias dan kedua bisa juga digunakan sebagai desain interior. Material kaca memang tidak pernah mengecewakan ketika digunakan sebagai penghias ruangan. Sebenarnya bukan hanya kaca reflektor saja yang tersedia, adapula kaca berwarna yang disusun menjadi mozaik. Namun kaca jenis ini harganya cukup mahal.

Penggunaan kaca reflektor sebagai desain interior modern ini paling sering dimanfaatkan pada ruangan yang sempit. Karena cermin mampu membuat ruangan sempit tampak lebih luas. Tak hanya sebagai desain interior rumah saja, tetapi sering dimanfaatkan juga untuk ruang kantor hingga restoran. Tapi perhatikan cara penggunaannya dengan tepat.

Tips Memasang Kaca Reflektor SebagaiĀ Desain Interior

Kaca Reflektor

Anda mungkin belum memiliki pengalaman untuk memanfaatkan cermin untuk menghiasi ruangan. Tapi bukan berarti Anda tidak bisa mencobanya. Ada banyak sekali cara untuk menempatkan kaca reflektor pada sebuah ruangan. Tapi perhatikan juga jangan sampai berlebihan. Karena jika terlalu berlebihan ruangan justru tidak akan nyaman atau fungsi kaca untuk memperluas ruangan tidak terpenuhi.

Perhatikan tips berikut ini ketika hendak menggunakan kaca reflektor sebagai desain interior.

  • Memasang kaca di ruang keluarga

Pada hunian yang sempit, kaca akan membuat ruangan tampak luas. Langkah ini seringkali dipraktekkan pada apartemen juga. Caranya adalah memasangnya pada salah satu bagian dinding. Pasanglah kaca menempel dinding yang ukurannya cukup besar. Berikan bingkai dari kayu atau tembaga. Bingkai akan menjadi bagian dekorasi dan desainnya disesuaikan dengan gaya ruangan. Kaca juga akan memenuhi fungsinya untuk memperluas ruangan.

  • Kaca dalam jumlah banyak

memasang kaca reflektor

Apabila takut pecah saat memasang kaca reflektorĀ  yang ukurannya sangat besar, pilihlah beberapa kaca yang berukuran kecil. Anda bisa memasangnya di salah satu bagian dinding dan menyusunnya. Jangan lupa juga bingkai yang unik akan membuat kaca sebagai dekorasi ruangan yang sangat menarik. Agar tidak tampak kaku, susunlah kaca secara acak. Sesuaikan warna bingkai dengan dinding, akan lebih baik memilih warna kontras agar lebih terlihat.

  • Memasang kaca sebagai pintu lemari

Ruang kamar yang berukuran kecil bisa memanfaatkan kaca reflektor yang diletakkan sebagai pintu lemari. Fungsinya bisa digunakan sebagai bercermin tetapi juga bisa menghias ruangan. Kaca tidak harus polos tetapi juga bisa menggunakan kaca yang memiliki garis horizontal. Garis ini akan menciptakan kesan minimalis yang khas dengan garis horizontal. Selain itu, kaca pada pintu lemari juga akan menghemat ruang sehingga Anda tidak membeli kaca reflektor lainnya.

  • Kaca kamar mandi dengan lampu

Kaca kamar mandi dengan lampu

Selain kamar, ruang yang juga wajib memiliki kaca adalah kamar mandi. Biasanya kaca diletakkan di atas wastafel. Nah, ada sesuatu yang berbeda saat mendesain penempatan kaca sehingga ruang kamar mandi menjadi lebih indah. Tambahkan lampu led pada bagian belakang kaca kamar mandi sehingga ruangan akan lebih terang. Supaya kaca memiliki nilai estetika yang tinggi, sebaiknya pilih dinding dengan warna yang lebih gelap.

  • Kaca pada pintu masuk rumah

Apabila Anda memiliki rumah yang ukurannya cukup besar, cobalah meletakkan kaca cermin di dekat pintu masuk. Pilih kaca persegi atau bulat yang diberikan bingkai unik. Di bawah kaca reflektor letakkan end table yang memiliki warna atau desain senada dengan bingkai kaca. Kaca dekat dengan pintu masuk akan memberikan kesan elegan pada rumah tersebut. Kesan ini akan didapatkan oleh para tamu yang masuk ke rumah Anda.

Jangan lupa ikuti tips-tips ini supaya Anda tidak salah dalam meletakkan kaca reflektor sebagai penghias di rumah.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *